Event

Muhammad Ibnu Azzulfa dan Katarina Almanda Ajeng Terpilih Sebagai Dimas Diajeng Sleman 2021

Muhammad Ibnu Azzulfa dan Katarina Almanda Ajeng Terpilih Sebagai Dimas Diajeng Sleman 2021

Muhammad Ibnu Azzulfa dan Katarina Almanda Ajeng Terpilih Sebagai Dimas Diajeng Sleman 2021

Impessa.id, Yogyakarta: Pemilihan Dimas Diajeng Sleman -PDDS 2020 yang tertunda karena pandemi Covid-19, jadi digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Ikatan Dimas Diajeng Sleman -IDDS pada Jumat (9/4/2021) di Ballroom Malika Sleman City Hall, diikuti 30 finalis, 15 Dimas dan 15 Diajeng.

Agenda dimulai dengan seleksi semifinalis hingga finalis, pembekalan pariwisata dan budaya, serta proyek yang dipresentasikan oleh setiap finalis. Di awal 2021 dilakukan pembekalan lanjutan, penjurian akhir, dan penobatan Dimas Diajeng Sleman. Beberapa perubahan rencana agenda pemilihan, seperti ditiadakannya media visit, city tour, field program, karantina finalis menuju penobatan, serta acara penobatan yang tanpa dihadiri langsung oleh audiens.

PDDS 2021 telah dipersiapkan matang dengan beradaptasi sesuai kondisi new normal, mengikuti protokol kesehatan, tanpa mengurangi esensinya. Proyek yang digalang oleh para finalis terkait pandemic berupa social media campaign #DimjengSlemanLawanCovid19 dan donasi #PedulidariRumah Dari Sleman untuk Indonesia Bebas Corona.

Puncak Penobatan Dimas Diajeng Sleman 2021 diselenggarakan secara tertutup dengan jumlah partisipan terbatas dan seluruh partisipan yang terlibat telah memiliki hasil negative tes genose sesuai dengan protokol kesehatan dan disiarkan secara daring melalui Kanal YouTube Ikatan Dimas Diajeng Sleman dan Instagram @dimjengsleman. Penobatan tersebut menandakan berakhirnya masa jabatan Dimas Diajeng Sleman 2018, Afian Ruliana Arbi dan Erina Sofia Gudono.

Dalam acara tersebut telah dinobatkan secara resmi 15 Dimas dan 15 Diajeng Sleman 2021, serta delapan kategori Dimas dan Diajeng Sleman terpilih. Masing-masing;  

Dimas dan Diajeng Sleman 2021 yakni Muhammad Ibnu Azzulfa dan Katarina Almanda Ajeng.

Wakil I DDS 2021 yakni Aditya Irwan dan Fidelia Prabajati.

Wakil II DDS 2021 yakni Ahmad Fikri Darmawan dan Anggit Nur Malik Pawitra.

Harapan I DDS 2021 yakni Rizki Norfadli dan Hervina Adhanita.

Harapan II DDS 2021 yakni Sigit Prasetyo dan Salma Meirani.

DDS Persahabatan 2021 yakni M. Ridwan Candra Asidiq dan Monica Mega Purnamasari.

DDS Berbakat 2021 yakni Nur Huda Mutaqin dan Asti Oktavia Andayani.

DDS Favorit 2021 yakni Andi Kurniawan dan Priscilla Riabertha Gracie.

Tujuh dewan juri dari pakar pariwisata, media, praktisi public relation, seniman, hingga akademisi. Turut hadir dalam penobatan, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Dra Suci Iriani Sinuraya MSi, MM selaku Juri Kehormatan. Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Aji Wulantara SH MHum selaku Juri Kebudayaan. Dosen ISI Yogyakarta dan Penari, Uni Yutta selaku Juri Minat dan Bakat. Praktisi Public Relation, Ayu Kusumaningtyas BA selaku Juri Public Speaking & Bahasa Asing Final. Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat, Drs Octo Lampito MPd selaku Juri Media. Dosen Universitas Sanata Dharma dan Pakar Pariwisata, Ikke Janita Dewi SE MBA PhD selaku Juri Pariwisata, serta Akademisi, Maya Syla Swagerina selaku Juri Organisasi & Kepemudaan.

Penobatan Dimas Diajeng Sleman 2021 dipandu oleh MC Tio Andito dan Fira Sasmita, dimeriahkan berbagai penampilan Tarian Beksan Sekar Pudyastuti Jugag yang dibawakan oleh Diajeng Acintyaswati dan Diajeng Wulansari yang merupakan Diajeng Sleman 2014, serta Tarian Golek Ayun-Ayun yang dibawakan oleh Diajeng Laras yang merupakan Diajeng Cilik Sleman 2019. Selain itu, dimeriahkan oleh Rhu Band dan Niss Wahab, yang membuat suasana penobatan semakin meriah.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suci Iriani Sinuraya menyatakan, “Tujuan pemilihan Dimas Diajeng Sleman adalah untuk memilih duta pariwisata yang mampu berinteraksi dengan masyarakat khususnya generasi muda melalui berbagai kegiatan yang positif,  memilih putra putri daerah untuk menjadi ikon Pariwisata Kabupaten Sleman dan merealisasikan komitmen dan pengabdian Dimas Diajeng untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mengembangkan pariwisata Kabupaten Sleman. Diharapkan duta Kabupaten Sleman yang terpilih dapat memenuhi harapan sesuai dengan tagline berkarakter, peduli dan berprestasi."

Bupati Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo, yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa kegiatan Dimas Diajeng Sleman dapat menjadi media dan sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kepariwisataan, dan dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas melalui media-social guna meningkatkan kunjungan pariwisata. “Dimas dan Diajeng merupakan public relation pariwisata Kabupaten Sleman. Mereka diberikan tantangan yang tidak ringan untuk melestarikan budaya Jawa sehingga kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Sleman tidak tergeser dengan seni dan budaya asing.”

Muhammad Ibnu Azzulfa selaku Dimas Sleman 2021 berharap kedepan dapat bersinergi bersama kaum muda lainnya untuk pengembangan sumber daya masyarakat, khususnya dalam sektor pariwisata yang inklusif dan inovatif. Sedangkan Katarina Almanda Ajeng selaku Diajeng Sleman 2021 berharap kedepan dapat berkontribusi dan mengembangkan potensi masyarakat serta keterampilan dengan kebaruan yang urup, urip, nguripi.” (Diajeng Venta/Uul Jihadan/Antok Wesman-Impessa.id)